Kamis, Januari 28

Fungsi RAM Pada Sebuah PC

RAM merupakan salah satu komponen utama yang sangat di butuhkan serta sangat vital bagi sebuah komputer atau laptop. RAM sendiri merupakan singkatan dari Random Acces Memory yang berarti sebuah memori yang mengakses secara acak. Seiring perkembangan jaman dan perkembangan teknologi, RAM juga mengalami perkembangan dan peningkatan, baik itu peningkatan kapasitas maupun performanya. Pada saat ini kita dapat menemukan RAM komputer dengan ukuran 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan juga 4 GB. Semakin besar memory, maka akan semakin bagus dan cepat pula performa computer anda. Sementara itu perkembangan sebuah RAM juga meliputi beberapa versi, seperti DDR1, DDR2, dan juga DDR 3. Bagi anda yang ingin mengetahui fUngsie rAm serta pengertian secara lebih mendetail, tidak ada salahnya bagi anda untuk menyimak artikel berikut.
Fungsi RAM
Fungsi RAM pada sebuah komputer adalah sebagai alat untuk menyimpan data sementara pada sebuah computer sebelum di akses oleh prosessor.. Jadi, memori ini memang difungsikan untuk menyimpan data sementara agar ketika computer sedang bekerja, komputer tidak perlu mengakses terus menerus ke hardisk ketika mengolah data dan mencari data. Jika ada yang bertanya mengapa harus melalui RAM, dan mengapa tidak langsung dari harddisk kemudian masuk kememori internal? Alasannya adalah RAM memliki kecepatan yang jauh lebih cepat jika di bandingkan oleh Harddisk, sehingga dapat memperepat proses olah data.
Sebuah komputer yang memiliki kapasitas RAM berkapasitas 1 GB dan 512 MB akan mempunyai dampak yang berbeda jika dibandingkan dengan komputer lain yang memliki RAM sebesar 4 GB. Hal tersebut di karenakan jika sebuah komputer memiliki kapasitas RAM semakin besar, maka aka semakin banyak pula data sementara yang dapat masuk kedalam RAM secara bersamaan, efeknya, proses multitasking akan berjalan menjadi jauh lebih baik. Sehingga tidak heran jika pada saat ini cukup banyak para gamers yang menambah kapasitas RAM pada komputer miliki mereka agar proses bermain games menjadi jauh lebih lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar